SILABUS MATEMATIKA BERKARAKTER
Sekolah : SMP
Negeri 196 Jakarta
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Matematika
Semester :
I (satu)
Standar Kompetensi : ALJABAR
1. Memahami bentuk
aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai Karakter
|
||||||||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||||||||
1.1 Melakukan
operasi aljabar
(Diana Dahlia)
|
Bentuk aljabar
|
Mendiskusikan hasil operasi tambah,
kurang pada bentuk aljabar (pengulangan) secara bekerja sama
|
· Menyelesaikan operasi
tambah, kurang pada bentuk aljabar dengan bekerja sama
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Tentukan hasil
dari:
|
2x40mnt
|
Buku teks
|
Sikap kerja sama
|
||||||||||
Mendiskusikan hasil operasi
kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan) secara bekerja sama
|
· Menyelesaikan operasi
kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar dengan bekerja sama
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Tentukan hasil dari:
|
2x40mnt
|
Sikap kerja sama
|
|||||||||||||
1.2
Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Bentuk aljabar
|
Mendata faktor suku aljabar
berupa konstanta atau variabel dengan ulet dan rasa ingin tahu
|
· Menentukan faktor suku
aljabar dengan ulet dan rasa ingin tahu
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Sebutkan
variabel pada bentuk berikut:
4x + 3
(5a – 6)(4a+1)
|
2x40mnt
|
Sikap ulet dan rasa ingin tahu
|
|||||||||||
· Menguraikan bentuk
aljabar ke dalam faktor-faktornya dengan cermat dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Faktorkanlah
6a - 3b + 12
Tentukan bentuk penjabaran dari
!
|
2x40mnt
|
Sikap cermat dan teliti
|
||||||||||||||
1.2 Memahami
relasi dan fungsi
(Dewi Wulan)
|
Relasi dan fungsi
|
Dengan berpikir logis siswa
menyebutkan hubungan yang merupakan
suatu fungsi melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota
dengan negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu
|
· Menjelaskan dengan
kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan
fungsi dengan berpikir logis
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan fungsi!
|
2x40mnt
|
Buku teks
Lingkungan
|
Berpikir logis
|
||||||||||
Menuliskan suatu fungsi
menggunakan notasi dengan cermat dan teliti
|
· Dengan cermat dan teliti siswa dapat
menyatakan suatu fungsi dengan notasi
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula 5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi
a !
|
1x40mnt
|
Sikap cermat dan teliti
|
|||||||||||||
1.4
Menentu kan nilai fungsi
|
Fungsi
|
Mencermati cara menghitung
nilai fungsi dan menghitungnya
|
· Menghitung nilai fungsi
dengan cermat dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=....
|
1x40mnt
|
Sikap cermat dan teliti
|
|||||||||||
Menyusun suatu fungsi jika
nilai fungsi dan data fungsi diketahui dengan kreatif dan teliti
|
· Menentukan bentuk
fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui dengan kreatif dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan
f(2) = 4 tentukan f(x).
|
2x40mnt
|
Kreatif dan teliti
|
|||||||||||||
1.5
Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat
Cartesius
(Nurasni)
|
Fungsi
|
2.1 Membuat tabel pasangan antara nilai peubah dengan
nilai fungsi dengan cermat dan teliti
Menggambar grafik fungsi
aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat
Cartesius secara kreatif
|
· Dengan cermat dan
teliti siswa dapat menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
Menggambar grafik fungsi pada
koordinat Cartesius secara kreatif
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes isian
Tes uraian
|
Diketahui f(x) = 2x + 3. Lengkapilah tabel berikut:
Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi
yang dinyatakan f(x) = 3x -2
|
2x40mnt
2x40mnt
|
Sikap cermat dan teliti
kreatif
|
|||||||||||
1.6
Menentu kan gradien, persamaan garis lurus
(Herlina Humaira)
|
Garis Lurus
|
Menemukan
pengertian garis lurus dan cara menentukan persamaan garis lurus jika gambar
garis diketahui.
|
·
Mengenal
peramaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
Menentukan persamaan garis lurus jika gambar garis
diketahui.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Disajikan suatu persamaan
kemudian dibuat grafiknya dengan x variable pada himpunan bilangan
nyata. Apakah yang terbentuk dari persamaan tersebut ?. atau sebaliknya
|
M. Cholik Adinawan, Sugiono,
Matematika 2A untuk SMP kelas VIII Semester 1, Erlangga, 2007.
|
Sikap cermat dan teliti
|
|||||||||||
Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu
garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak secara
logis dan kreatif
|
Mengenal pengertian dan
menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk secara logis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Disajikan beberapa garis pada kertas berpetak.
Tentukan gradien garis-garis tersebut !.
|
2x40mnt
|
Berpikir logis dan kreatif
|
|||||||||||||
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang
melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu secara cermat
dan teliti
|
· Menentukan persamaan
garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien
tertentu secara cermat dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Persamaan garis yang melalui titik (3,1) dan sejajar
dengan garis berpersamaan
adalah.
|
2x40mnt
|
Sikap cermat dan teliti
|
|||||||||||||
Dengan berpikir kritis dan kreatif siswa dapat
menggambar garis lurus jika
-
melalui dua titik
-
melalui satu titik dengan gradien tertentu
-
persamaan garisnya diketahui
|
· Menggambar grafik garis
lurus dengan berpikir kritis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x -
4
|
2x40mnt
|
Berpikir kritis dan kreatif
|
Standar Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami sistem
persamaan linear dua variabel dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai Karakter
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||
2.1 Menyelesaikan sistem
persamaan linear dua variabel
(Dinillah Kharisma)
|
Sistem Persamaan Linear Dua variabel
|
Mendiskusikan pengertian PLDV
dan SPLDV secara kerja sama
|
· Menyebutkan perbedaan
PLDV dan SPLDV secara kerja sama
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Bentuk
4x + 2
y = 2
x –
2y = 4
a. Apakah merupakan sistem persamaan?
b. Ada berapa variabel?
c. Apakah variabelnya?
d. Disebut apakah bentuk
tersebut?
|
2x40mnt
|
Buku teks dan lingkungan
|
Sikap kerja sama
|
|
Mengidentifikasi SPLDV dalam
berbagai bentuk dan variabel dengan berpikir logis dan teliti
|
· Mengenal SPLDV dalam
berbagai bentuk dan variabel dengan berpikir logis dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Manakah yang merupakan SPLDV?
a. 4x + 2y = 2
x – 2y = 4
b. 4x + 2y ≤ 2
x – 2y = 4
c. 4x +
2y > 2
x – 2y = 4
d. 4x + 2y – 2 = 0
x – 2y – 4 = 0
|
2x40mnt
|
Berpikir logis dan teliti
|
||||
Dengan kreatif dan teliti siswa
dapat menyelesaikan SPLDV dengan cara substitusi dan eliminasi
|
·
Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi secara
kreatif dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Selesaikan
SPLDV berikut ini
3x – 2y =
-1
-x + 3y =
12
|
2x40mnt
|
Kreatif dan teliti
|
||||
2.2
Membuat model matemati ka dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan
linear dua variabel
|
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
|
1.1 Mengubah masalah
sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk SPLDV secara kritis dan logis
|
·
Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan SPLDV secara kritis dan logis
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Harga 4 pensil dan 5 buku tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil
dan 4 buku tulis Rp 15 000,00. Tulislah model matematikanya.
|
2x40mnt
|
Berpikir kritis dan logis
|
||
2.3Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua
variabel dan penafsirannya
(Susi Fitri)
|
Sistem
Persamaan Linear
Dua Variabel
|
Mencari penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam model matematika
dalam bentuk SPLDV secara kreatif dan teliti
|
-
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
secara kreatif dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Selesaikan
SPLDV berikut:
2x + 3y = 8
5x - 2y
=1
|
2x40mnt
|
Buku paket
|
Kreatif dan teliti
|
|
Menggunakan grafik garis lurus untuk
menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan SPLDV dan menafsirkan
hasilnya secara kritis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Selesaikan
SPLDV
4x + 5y = 19
3x + 4y =
15 dengan menggunakan grafik garis
lurus dan merupakan apakah hasilnya?
|
4x40mnt
|
Kritis dan kreatif
|
|||||
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN
PENGUKURAN
3. Menggunakan
Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
Keterangan: Sesuai Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( .........................................................
)
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar